Eksim Atopik Adalah Penyakit Kulit

Menurut alodokter.com, eksim atopik adalah sebuah penyakit yang menyerang kulit, ditandai dari gatal-gatal yang terus-terusan dan munculnya ruam pada kulit hingga kulit berwarna kemerahan. Bahkan, ruam dan gatal bisa muncul tidak hanya ada di satu area pada tubuh melainkan bisa langsung di beberapa area. Jika penyakit ini semakin parah, maka akan terus menyebar hingga seluruh tubuh serta akan semakin terasa gatal saat malam tiba.

Gejala

Bagi orang yang menderita eksim atopik memang memiliki gejala yang beerbeda-beda. Tidak hannya gatal-gatal dan ruam yang terjadi pada kulit, melainkan ada beberapa gejala lain. Bahkan, untuk orang dewasa dan balita pun gejalanya akan berbeda. Untuk balita, gejala yang akan dialami antara lain kulit yang semakin memerah, bersisik, serta memiliki kerak di sekitaran kulit kepala, pipi, area tangan, dan kaki.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gejala balita dan anak-anak serta orang dewasa sangat berbeda. Bagi anak-anak dan orang dewasa, gejala yang muncul untuk penyakit eksim atopik adalah rasa gatal di bagian belakang leher, siku, lutut dan ruam-ruam merah. Yang semakin lama, akan terasa sangat gatal.

Tidak hanya itu saja, gejala-gejala lain yang bisa terjadi ketika seseorang mengidap penyakit kulit ini antara lain:

Ruam-ruam seperti bentol yang menonjol serta seperti memiliki cairan.

Di area sekitaran mata, memiliki warna yang lebih gelap.

Kulit menjadi terkelupas, pecah-pecah, juga bisa sampai mengeluarkan darah.

Kulit menjadi kering serta bersisik.

Pada telapak tangan dan bagian mata, kulit menjadi kusut atau mengerut.

Penyakit eksim atopik pada malam hari memang akan semakin terasa gatal, bahkan lebih buruk lagi. Namun, pengidap dilarang untuk menggaruknya, karena apabila digaruk, kulit akan berubah menjadi lebih tebal, kemudian berlubang atau bopeng, serta warna akan jadi menggelap. Jika pengidap memaksa untuk menggaruknya, yang terjadi adalah akan menjadi infeksi kulit. Apabila sudah terjadi benjolan merah dan terasa sakit serta mengandung nanah, kamu harus cepat-cepat menemui dokter.

Penyebab

Penyebab dari eksim atopik adalah umumnya faktor dari keturunan orang tua. Namun, sebenarnya untuk penyebab sesungguhnya masih belum diketahui dengan pasti. Ada data yang menyebutkan jika iritasi merupakan hal yang dapat memicu eksim atopik, lalu pemakaian produk-produk untuk kulit seperti produk mandi yaitu sabun dan sampo yang tidak cocok pada kulitmu pun bisa menjadi hal yang memicu penyakit kulit ini.

Hal-hal lain yang bisa menjadi pemicu munculnya eksim atopik selain pemakaian produk kulit, antara lain:

Berubahnya hormon.

Infeksi pada kulit.

Alergi terhadap makanan, contohnya alergi udang, alergi susu sapi, alergi pada telur, alergi pada kacang, dan alergi-alergi lainnya.

Bahan-bahan baju yang tidak terasa nyaman di kulit dan dapat menjadi penyebab iritasi seperti bahan wool, atau kain-kain sintetis.

Nah, bagi kamu yang sudah mengidap eksim atopik kemudian menjadi memburuk, ada beberapa faktor penyebabnya. Antara lain:

Udara kering yang juga berdebu.

Tubuh yang berkeringat dan kotor.

Mengalami stres atau depresi.

Terkena suhu udara dan air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Karena banyaknya yang menjadi faktor serta penyebab yang bisa membuatmu menderita penyakit ini serta membuatnya semakin parah dan memburuk, kamu harus lebih ekstra hati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman, memilih pakaian yang nyaman dipakai, juga menghindari lingkungan yang berdebu dan terlalu panas atau terlalu dingin.

Itulah ulasan mengenai penjelasan, gejala, dan penyebab eksim atopik yang bisa kamu kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *